ads here

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

advertise here
Ini dia 10 Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap + Gambarnya - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki gunung-gunung yang tersebar dari sabang sampai merauke. Bahkan kebanyakan dari gunung tersebut termasuk gunung berapi aktif karena Indonesia berada di jalur Ring of Fire. Oleh karena itu, keberadaan gunung sudah menjadi hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat Indonesia.

10 Gunung Tertinggi di Indonesia


Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dan curam daripada sebuah bukit. Ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Sebuah gunung terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik.

Diantara gunung-gunung yang terdapat di Indonesia, banyak yang memiliki ketinggian di atas 3000 meter. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Cartenzs/Puncak Jaya yang terletak di Papua dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut. Puncak Jaya juga merupakan Gunung Tertinggi di Benua Osenia dan juga termasuk salah satu dari 7 Puncak Dunia (Seven Summits). Gunung-gunung tersebut pastinya akan menjadi objek pendakian favorit bagi para pecinta alam.

Berikut ini adalah Daftar Lengkap 10 Gunung Paling Tinggi di Indonesia.

1. Puncak Jaya


Puncak Jaya merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di Pegunungan Barisan Sudirman di Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Osenia dan juga termasuk salah satu dari 7 Puncak Dunia (Seven Summits).

Nama lain dari Puncak Jaya adalah Piramida Carstensz, Puncak Carstensz dan Puncak Jayadikesuma, sedangkan rakyat lokal juga banyak yang menyebutnya sebagai Nemangkawi, Ngga Pulu, Ndugundugu.

Puncak Jaya menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang ditutupi oleh salju. Sayangnya, karena pemanasan global yang kian hari semakin parah, salju tersebut terancam hilang seperti halnya yang terjadi di Puncak Mandala.

Belum diketahui pasti siapa yang mencapai puncak Jaya, namun banyak sumber yang menyatakan jika Anton Colijin, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel menjadi pendaki pertama yang mendaki pada tahun 1936.

2. Puncak Mandala


Di posisi kedua ada Puncak Mandala yang terletak di Papua. Gunung ini merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya yang terletak di sebelah timur Papua dan berbatasan dengan Papua Nugini. Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 mdpl dan pada masa penjajahan Belanda juga dikenal dengan nama Julianatop yang berarti Puncak Juliana.

Puncak Mandala merupakan salah satu gunung yang paling menantang bagi para pendaki lokal dan mancanegara. Pendaki pertama yang mampu mencapai puncaknya adalah Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Plet ter Laa yang mendaki pada tahun 1959

Sejak dulu Puncak Mandala sering ditutupi oleh Salju. Sayangkan akibat dari pemanasan global yang tak terkendali, salju tersebut sekarang sudah menghilang dari puncaknya. Salju terakhir yang tercatat ada di puncak Mandala adalah pada tahun 2003.

3. Puncak Trikora


Pada urutan ketiga ditempati oleh Puncak Trikora yang masih terletak di Pulau Papua. Puncak yang keberadaanya di sebelah timur Barisan Sudirman ini juga biasa disebut sebagai Ettiakup. Pada masa penjajahan Belanda, puncak ini mendapatkan julukan sebagai Wilhelminatop alias Puncak Wihelmina.

Pada awalnya puncak ini dianggap sebagai puncak tertinggi kedua di Indonesia. Namun data oleh SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa puncak ini hanya memiliki ketinggian 4.750 m, berarti hanya kalah sekitar 10 m dari posisi kedua yaitu Puncak Mandala.

Puncak ini dahulunya banyak ditutupi oleh salju. Akan tetapi, sebab pemanasan global membuat puncak ini menjadi lebih mengkhawatirkan dibandingkan dengan kedua puncak disebelahnya. Puncak Trikora sudah tidak ditutupi oleh salju lagi sejak tahun 1962. Puncak ini pertama kali ditaklukkan oleh Franssen Herderschee, Hubrecht dan Versteeg pada tahun 1913.

4. Puncak Ngga Pilimsit


Ngga Pilimsit adalah puncak gunung tertinggi keempat di Indonesia yang terletak di sebelah barat pegunungan Maoke, Papua. Letaknya pun tidak terlalu jauh dengan Puncak Jaya yaitu hanya sekitar 21 km. Ngga Pilimsit mempunyai ketinggian 4.717 m.

Pada masa kolonial Belanda, Ngga Pilimsit mempunyai sebutan lain yaitu Mound Idenberg. Puncak ini pertama kali ditaklukkan oleh Heinrich Harrer dan Philip Temple pada tahun 1962.

5. Gunung Kerinci


Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Kerinci. Gunung yang letaknya di kawasan Bukit Barisan memiliki ketinggian 3.805 m. Lokasi gunung ini di perbatasan antara Jambi dan Sumatera Barat.

Gunung ini juga dikenal dengan sebutan Peak of Indrapura/Indrapoera, Gunung Gadang, Berapi Kerinci, Kerinchi, Korinci merupakan habitat dari berbagai satwa langka seperti badak dan harimau sumatera. Oleh sebab itu, sebagian besar gunung ini dijadikan sebagai Taman Nasional Kerinci Seblat guna melindungi habitat dari kedua satwa tersebut.

Gunung Kerinci adalah gunung berapi tipe Stratovolcano yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2009 silam. Pada puncak gunung ini terdapat kawah indah dengan air yang berwarna hijau.

Puncak Gunung Kerinci pertama kali didaki oleh Arend Ludolf van Hasselt dan Daniel David Veth pada tahun 1877.

6. Gunung Rinjani


Posisi keenam ditempati oleh Gunung Rinjani, gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung yang tercantik dan juga gunung berapi di Indonesia sehingga banyak mengundang minat pendaki maupun wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 m. Salah satu objek wisata adalah danau kawah bernama Segara Anak. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang dilindungi oleh pemerintah.

7. Gunung Semeru


Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini juga dikenal dengan nama Mahameru dan memiliki ketinggian 3.676 m. Gunung ini terletak di perbatasan antara kabupaten Malang dan kabupaten Lumajang.

Meskipun Gunung Semeru bukan gunung tertinggi di Indonesia, namun untuk mendaki puncak gunung ini cukup sulit dan sangat menantang. Konon katanya, proses pendakian dan penurunan gunung bisa memakan waktu hingga 4 hari lamanya.

Pada puncak gunung ini terdapat kawah bernama Jonggring Saloko yang indah sehingga menarik minat para pendaki. Pendaki pertama yang tercatat berhasil mencapai puncak Gunung Semeru ialah Clignet pada tahun 1838.

8. Gunung Sanggar


Gunung ini masih terdapat di pulau Lombok tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Barat yang bernama Gunung Sanggar. Ketinggian dari gunung ini adalah 3.564 m. Sayang sekali, gunung ini tidak cukup populer dibandingkan oleh Gunung Rinjani karena banyak para wisatawan lebih memilih untuk pergi ke Gunung Rinjani dibandingkan dengan Gunung Sanggar.

9. Gunung Rantemario


Di urutan kesembilan yaitu Gunung Rantemario yang terletak di pulau Sulawesi tepatnya di provinsi Sulawesi Selatan. Gunung Rantemario memiliki ketinggian 3.478 m.

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi, namun ada juga yang mengatakan bahwa Gunung Rantekombola lah yang tertinggi. Kedua gunung tersebut sebenarnya berada pada area pegunungan yang sama. Di kalangan masyarakat setempat, gunung ini disebut dengan nama Bulu Rantemario.

10. Gunung Slamet


Gunung tertinggi terakhir (10) di Indonesia adalah Gunung Slamet. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa dengan ketinggiannya mencapai 3.428 m. Gunung ini terletak di provinsi Jawa Tengah dan di perbatasan 5 kabupaten sekaligus yakni kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang

Gunung ini terkenal dengan rute pendakiannya yang cukup sulit. Walaupun begitu hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Di kaki Gunung Slamet juga terdapat objek wisata yang cukup terkenal yaitu Baturaden.

Baca juga: Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia

Demikianlah artikel saya kali ini tentang sepuluh Gunung Tertinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi : http://bacaterus.com/2015/04/daftar-10-gunung-tertinggi-di-indonesia/, http://ilmupengetahuanumum.com/10-gunung-tertinggi-di-indonesia/

2 komentar

avatar

makasih gan!!!wawasan saya semakin luas:D,jangan sungkan sungkan kunjungi Teknoku13

avatar

Saya sangat tertarik dengan situs ini karena sangat menarik dan bermanfaat.
Saya juga mempunyai tulisan sejenis mengenai jurnal serupa yang bisa Anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id/

Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas

Click to comment